Kebidanan

Program Studi Kebidanan Universitas Dharmas Indonesia berdiri sejak tanggal 24 Mei 2007 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 74/D/O/2007 tentang izin penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasraya yang merupakan cikal Fakultas Ilmu kesehatan Universitas Dharmas Indonesia.

Saat ini Program Studi DIII kebidanan Universitas Dharmas Indonesia diketuai oleh Ibu Siti Khotimah, M.Keb dengan visi dan misi sebagai berikut:

 

Visi :
Pada tahun 2023 menjadi program studi yang menghasilkan ahli madya kebidanan unggul berjiwa sosioenterpreneur dan kompeten dalam pengobatan tradisional serta berakhlak mulia

 

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu kebidanan sesuai dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan klinik di bidang kebidanan.
  2. Melaksanakan penelitian ilmiah dan aplikatif dibidang kebidanan dalam rangka mendukung kesehatan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dibidang kebidanan dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan kebidanan dan kesehatan masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah, swasta, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk mendekatkan kebutuhan pengguna dengan kompetensi lulusan

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan yang unggul dan kompetitif serta berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan yang memiliki keterampilan klinik dibidang kebidanan yang berwawasan kewirausahaan sehingga mampu memberikan asuhan kebidanan yang komprehensif, mempunyai kemampuan dalam pengobatan medis dan pengobatan alternatif serta mampu bersaing di tingkat regional.
  3. Menghasilkan penelitian ilmiah dan aplikatif dibidang kebidanan dalam rangka mendukung asuhan kebidanan dan kesehatan masyarakat.
  4. Menghasilkan pengabdian masyarakat dalam rangka menyelesaikan masalah asuhan kebidanan dan kesehatan masyarakat.
  5. Menghasilkan jaringan kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi lain, masyarakat pengguna lulusan dan Stakeholder lainnya.
  6. Menjadikan Prodi D3 Kebidanan FIKES UNDHARI yang bertatakelola baik (Good Departement Governance)