Pembekalan dan Pelepasan Praktek Kerja Lapangan Kebidanan Komunitas Bagi Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Dharmas Indonesia

 

WhatsApp Image 2019 04 22 at 09.28.05 1

Senin, (22/04) Fakultas Ilmu Kesehatan universitas Dharmas Indonesia, kembali mengadakan kegiatan Pembekalan dan Pelepasan peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) kebidanan komunitas bagi mahasiswa semester 4 di kenagarian Koto Baru Kecamatan Koto Baru Wilayah Kerja Puskesmas Koto Baru. Acara yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Puskesmas Koto Baru ini di hadiri langsung oleh dr. Rahmadian (Kepala Dinas Kesehatan ) , Darnius, S.Kep (Kepala Puskesmas), Ita Dwiaini, S. Farm., MSc., Apt (Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dharmas Indonesia), Evin Noviana Sari, M. Keb (Wakil Dekan Bidang Akademik), Siti Khotimah, M. Keb (Ketua Prodi DIII Kebidanan) dan staf dosen Prodi DIII Kebidanan Universitas Dharmas Indonesia. Kegiatan Praktek Kerja Lapangan sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 22 April sampai dengan 10 Mei 2019.

 

 “Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan dapat membuka akses bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama dibangku perkuliahan dan mampu melaksanakan Pendataan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga di Kanagarian Koto Baru tersebut atau paling tidak dapat memberikan ide kepada mahasiswa dan dosen untuk bisa menjadikan sebuah penelitian dan pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi” ujar Dekan Fakultas Universitas Dharmas Indonesia.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan sendiri diikuti oleh sebanyak 44 orang mahasiswa jurusan Prodi DIII Kebidanan Universitas Dharmas indonesia, dan diselenggarakan dengan tujuan:

  1. Menjelaskan proses kegiatan bidan di masyaraka
  2. Menjelaskan berbagai kegiatan atau program yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak yang ada di wilayah kebidanan komunitas,
  3. Memfasilitasi dan melakukan advokasi kesehatan dalam upaya pemecahan masalah kesehatan ibu, bayi dan anak di wilayah komunitas.
  4. Mengidentifikasi masalah kesehatan ibu, bayi dan anak di masyarakat
  5. Menentukan kebutuhan kesehatan ibu dan anak, mengolah dan menganalisa data yang berasal dari berbagai sumber, baik untuk kepentingan perencanaan, pemantau maupun penilaian program
  6. Membentuk dan bekerjasama dalam tim untuk memecahkan masalah kesehatan ibu, baik dan anak.

 

Melalui PKL mahasiswa akan memperoleh tambahan keterampilan, informasi, wawasan dan pemahaman terhadap permasalahan tertentu, sehingga mampu membandingkan antara teori dan pelaksanaan praktek di lapangan.